Tuesday, March 14, 2006

English-Indonesian Dictionary on GNU/Linux

Anda sering lupa arti/terjemahan suatu istilah (kata) bahasa Inggris dalam bahasa Indonesianya atau sebaliknya? Buka kamus? Ah, itu mah sudah biasa. Software aplikasi kamus di komputer Windows(tm) ? Itu juga kayaknya sudah banyak yang "membajak" deh. Bagaimana kalau ada software aplikasi kamus sejenis berjalan (runs) di Sistem Operasi GNU/Linux?... Waah!

Gidic (The Gnome Indonesian Dictionary) adalah nama software-nya. Sampai tulisan ini saya posting, gidic baru mencapai versi 0.1, dan yang paling saya banggakan adalah bahwa aplikasi ini ditulis (baca: source code-nya ditulis) oleh I Wayan Suryadarma, (apabila dilihat dari namanya) dapat dipastikan seorang warga Indonesia dan software ini dilisensikan di bawah lisensi GPL (free software, kita bisa secara legal menggunakan software tersebut tanpa harus membayar lisensi)..

Siapa lagi ya programmer lain (dari bangsa sendiri dong!) yang akan menyusul? Tentu saja Anda dan (semoga) saya kan?.. bisa mandiri, menghasilkan software bermutu dan tak terbelenggu oleh ikatan (tak sehat) software lain, apalagi harus "membajak"!... Gawat*%#!?! Percuma dong sekolah tinggi-tinggi, ngaku-ngaku ORANG PENDIDIKAN (orang IT pula) kalau akhirnya BERBUAT seperti ORANG TAK TERDIDIK (menggunakan software komersial secara ilegal)... Aduh!?! bagi saya pribadi, malu banget deh!

Maaf, pembicaraan terlalu melebar... Habis, racun pembajakan software di bangsa ini sudah SANGAT PARAH siih!!! di-gimanain ya?

Sebenarnya berita ini bisa dibilang terlambat - salah satu alasannya adalah Mozilla Firefox di komputer saya "pingsan" selama hampir sebulan (lihat posting sebelumnya)... tapi ga apa-apa lah, saya senang menuliskan kabar ini di blog saya.

Instalasi aplikasi tersebut memang tidak semudah melalui instalasi paket rpm, kita harus meng-install-nya dari source (paket tar.gz). Menurut saya dengan membaca terlebih dahulu file README atau INSTALL - nya kita bisa mengikuti proses instalasi tersebut dengan mudah.

Bingung mencari arti/terjemah istilah asing (dalam bahasa Inggris)?.. Sekarang tidak lagi! Gidic sudah bisa diandalkan koq.., Teman-teman bisa comment di blog ini apabila mengalami kesulitan, mudah-mudahan dapat membantu.

Selamat mencoba! :)

5 Comments:

Anonymous Anonymous said...

saya sudah download seluruh paket GIDIC dan sudah coba install via terminal tapi belum terinstall.
saya ikuti petunjuk di INSTALL dgn mengetik: ./configure --prefix=/usr LDFLAGS=-lasound

hasilnya:

checking for a BSD-compatible install... /usr/bin/install -c
checking whether build environment is sane... yes
checking for gawk... no
checking for mawk... mawk
checking whether make sets $(MAKE)... yes
checking whether to enable maintainer-specific portions of Makefiles... no
checking for style of include used by make... GNU
checking for gcc... gcc
checking for C compiler default output file name... configure: error: C compiler cannot create executables
See `config.log' for more details.

gimana lagi ya? ada plugin saya yg kurang? saya pakai linux mint.

mohon bantuannya.
terima kasih

9:22 AM  
Anonymous Anonymous said...

kurang binutils

8:31 AM  
Anonymous Anonymous said...

thnx... sy donglotz dulu, ntar di coba d FC7x86_64 sy

1:35 PM  
Blogger ashar_oz said...

saya juga pengguna gidic, saya barusaja mereview di blog saya untuk ubuntu 10.04

12:30 PM  
Anonymous Anonymous said...

gidic bisa dijalankan lewat cmd ga??kalo ga ada software kamus indonesia inggris yang bisa dijalankan di cmd apaan ya?? lagi nyari euy,,

1:32 AM  

Post a Comment

<< Home