Saturday, March 04, 2006

Bugs?

Finally I'm back... (uwiih!)

Compatibility is very much important, but reliability is the most.

Firefox lebih cepat? lebih aman? lebih customizable daripada web browser lain? lebih banyak di-support oleh beragam fasilitas (web mail - mis: mail.google.com, blog - mis: blogger.com) di Internet? Saya setuju.. Firefox lebih Reliable? Saya kurang sependapat. Firefox versi 1.06, 1.07 dan 1.5 mengalami crash di desktop SuSE 10.0 Linux saya (tidak keluar /load ketika di-access dari menu).

nubie@ce:~> uname -a

Linux ce 2.6.13-15.8-default #1 Tue Feb 7 11:07:24 UTC 2006 i686 athlon i386 GNU/Linux


Karena blog ini hanya bisa full support dengan Firefox saja, maka hampir sebulan kemarin saya tidak dapat mem-posting tulisan di blog ini. Alhasil selama sebulan tesebut blog saya terlihat "tidak terurus".

Karena alasan lain saya uninstall Linux saya dengan versi yang sama (dan biasanya saya langsung update sistemnya untuk unjuk kerja yang lebih optimal). Unfortunately, Firefox v1.07 (hasil update), versi bawaan (v1.06, sebelum di-update) ataupun versi yang paling baru (v1.5) mengalami hal yang sama (crash) - sebenarnya kejadiannya sudah cukup lama, setelah SuSE v9.3 saya ganti dengan v10.0. Saya biarkan (selama sebulan itu), seperti biasa saya rutin update sistem Linux SuSE 10.0 (paket-paket library, utility, dsb.) di mirror suse Indonesia, kde terbaru pun (v3.5.1) saya ambil untuk melihat perbedaan yang ada. Akhirnya Firefox pun bisa berjalan dengan normal... uwiih! kenapa harus gitu yach? Selama itukah?..

Setelah ngobrol-ngobrol dengan salah satu Dosen saya - Dosen yang sering saya "ganggu" sekaligus koordinator Lab yang Lab-nya sering saya gunakan hingga larut malam sampai menginap segala... (terima kasih Pak, :) ...) - ternyata Firefox memberikan pengalaman yang "kurang menyenangkan".. makan space memory cukup besar! hal yang sama pun terjadi di komputer lain (termasuk di komputer saya - dengan firefox v1.07 dan membuka 2 tab, apabila menggunakan yang v1.5 bisa memakai lebih kurang 24% total memori*! - dan pengalaman user lain yang saya lihat di Internet**).. Ccckkk... "rakus" memory!

Support dengan banyak layanan di Internet? harus bisa, berjalan mulus dan handal di komputer user? harus lebih diperhatikan. Ada masukan?

* nubie@ce:~> free
total used free shared buffers cached
Mem: 256088 246268 9820 0 14212 56996
-/+ buffers/cache: 175060 81028
Swap: 554200 181572 372628

**url-nya tidak saya cantumkan

0 Comments:

Post a Comment

<< Home